Thursday 30 April 2015

Pendengar Juga Kadang Butuh Didengar




Assalamualaikum
            Ini curhatan saya.
            Curhat. Kata curhat memang udah nggak aneh lagi di semua kalangan tua/muda atau laki/perempuan. Semua orang memang butuh temen curhat. Beberapa orang yang cukup beruntung mungkin punya temen yang bener-bener aman atau sangat bisa di percaya dan bisa ngasih solusi dengan baik. Tapi apa temen yang kalian ajak curhat juga ngerasa beruntung punya temen curhat yang baik? Belum tentu.
            Beberapa orang yang bener, bener, bener beruntung bisa saling share masalah dan curhatan satu sama lain. Tapi gak jarang, beberapa orang lainnya cuma bisa jadi “pendengar” aja kaya saya. Kenapa? Bukan masalah orang tersebut gak percaya sama orang yang udah mercayain curhatannya, tapi kadang orang yang dicurhatin malah sibuk sama curhatannya sendiri. Gimana nggak jengkel kalo kita ngomong panjang lebar dan di respon cuma “oh” ato “hmm” padahal kalimat terakhir kita itu kalimat tanya. Kan gila -_- (maaf tidak bermaksud menyinggung siapa pun).
            Dari jaman SMP saya udah jadi pendengar. Emang saya suka ngedengerin curhatan orang apa lagi berhasil ngasih solusi yang berguna. Tentu beberapa kali saya pernah punya pengalaman yang nggak nge enakin. Apa lagi kalo bukan temen yang ‘ember’. Rasanya kaya di hianatin tau gak. Walau pun itu cuma keceplosan. Gimana nggak, saya yang berusaha ngejaga kepercayaan dia yang udah dikasihin ke saya dengan baik-baik. Eh giliran saya yang mercayain ke dia malah gak bisa di jaga. Kalo udah gitu kadang suka datang rasa ingin bales dendam, ingin ngebocorin lagi apa yang dia bilang ke saya. Tapi Alhamdulillah saya berhasil menjaga amanat yang sudah dititipkan sama saya.
            Tapi memang masih ada tiga orang yang dengan setia masih mau dengerin curhatan saya dari awal sampe akhir (maksudnya dari mulai curhat sampe selesai). Tiga orang ini selalu jadi peti penyimpanan semua perasaan saya. Setidaknya kita saling percaya buat jaga amanat satu sama lain.
            Kalau ditanya pernah nyesel curhat sama seseorang yang ember? Jujur iya. Tapi ternyata di balik itu semua Allah nunjukin siapa orang yang bener-bener bisa nyimpen amanat dan yang nggak. Allah memang selalu tau apa yang terbaik buat kita. Kalo Allah nggak nunjukin kalo orang itu ember dengan membuka aib perasaan saya, mungkin akhirnya akan seperti peti yang dalemnya bolong.
            Jadi pendengar itu nggak gampang loh gais. Apa sih susahnya toh cuma dengerin masalahnya, udah kan? Bukan gitu. Selain dengerin aja, temen curhat yang baik itu harus bisa kasih solusi atau saran kalo memang di minta dan di perlukan. Walau pun gak jarang ORANG GAK PENAH DENGERIN SARAN YANG DIKASIH. Gak gampang loh gais buat ngasih solusi ato saran, karena kita harus bener-bener ngerti apa masalahnya, terus harus ngerti dampak apa kedepannya kalau kita ngasih suatu solusi.
            Oke gais, makannya hargailah teman curhat kalian yah. Jangan jadikan kami sekedar persinggahan yang didatangi saat kalian butuh aja ya ;). Ingat kami juga punya hati dan pikiran untuk tau apa alibi kalian :D. Semoga bermanfaat. 

Wassalamualaikum

0 comments:

Post a Comment